1. World Wide Web (WWW)
World
wide web biasa lebih terkenal disingkat sebagai WWW adalah suatu ruang
informasi yang dipakai oleh pengenal global yang disebut Pengidentifikasi
Sumber Seragam untuk mengenal pasti sumber daya berguna. WWW sering dianggap
sama dengan internet secara keseluruhan, walaupun sebenarnya ia hanyalah bagian
daripada internet. WWW merupakan kumpulan peladen web dari seluruh dunia yang
mempunyai kegunaan untuk menyediakan data dan informasi untuk dapat digunakan
bersama. WWW adalah bagian yang paling menarik dari internet. Melalui web, para
pengguna dapat mengakses informasi-informasi yang tidak hanya berupa teks
tetapi bisa juga berupa gambar, suara, video dan animasi. Kegunaan ini
tergolong masih baru dibandingkan surat elektronik, sebenarnya WWW merupakan
kumpulan dokumen yang tersimpan di peladen web, dan yang peladennya tersebar di
lima benua termasuk Indonesia yang terhubung menjadi satu melalui jaringan
internet. Dokumen-dokumen informasi ini disimpan atau dibuat dengan format HTML.
Suatu
halaman dokumen informasi dapat terdiri atas teks yang saling terkait dengan
teks lainnya atau bahkan dengan dokumen lain. Keterkaitan halaman lewat teks
ini disebut pranala. Dokumen informasi ini tidak hanya terdiri dari teks tetapi
dapat juga berupa gambar, mengandung suara bahkan klip ideo. Kaitan antar
dokumen yang seperti itu biasa disebut hypermedia.
Jadi,
dapat disimpulkan bahwa WWW adalah sekelompok dokumen multimedia yang saling
bertautan dengan menggunakan tautan hiperteks. Dengan mengklik pranala, maka para
pengguna bisa berpindah dari satu dokumen ke dokumen lainnya.
2. Email
Surat elektronik (akronim: ratel, ratron, surel, atau
surat-e) atau pos elektronik (akronim: pos-el.) atau imel (bahasa inggris: email)
adalah sarana kirim mengirim surat melalui jalur jaringan komputer (misalnya internet).
Lima langkah
dalam proses pengiriman e-mail
Dengan surat biasa umumnya pengirim
perlu membayar per pengiriman (dengan membeli perangko), tetapi surat elektronik umumnya biaya yang dikeluarkan
adalah biaya untuk membayar sambungan Internet. Tapi ada perkecualian misalnya
surat elektronik ke telepon genggam, kadang
pembayarannya ditagih per pengiriman.
Anatomi Ratel, sebagai contoh:
USERNAME@EXAMPLE.COM
|
Keterangan:
·
emailsaya: nama kotak surat (mailbox) atau nama pengguna (username) yang
ingin dituju
dalam mailserver
·
surabaya.vibriel.net.id: nama mailserver tempat pengguna yang
dituju, rinciannya:
·
surabaya: subdomain (milik pemegang nama domain), biasanya merujuk ke suatu
komputer dalam
lingkungan pemilik domain
·
vibriel: nama domain, biasanya menunjukkan nama
perusahaan/organisasi/perorangan
(Vibriel)
·
net: second level domain, menunjukkan bahwa domain ini termasuk kategori
networking (net)
·
id: top level domain, menunjukkan bahwa domain ini terdaftar di otoritas domain
Indonesia (id)
Metode
pengiriman
Untuk mengirim surat elektronik kita memerlukan suatu
program mail-client. Surat
elektronik yang kita kirim akan melalui beberapa poin sebelum sampai di tujuan.
Mulai dari surat elektronik dikirim → Internet → POP3 server penyedia e-mail
penerima → e-mail client (di komputer si penerima) → surat elektronik dibaca si
penerima
Terlihat surat elektronik yang terkirim hanya melalui 5
poin (selain komputer pengirim dan penerima). Sebenarnya lebih dari itu sebab
setelah surat elektronik meninggalkan POP3 Server maka itu akan melalui banyak
server-server lainnya. Tidak tertutup kemungkinan surat elektronik yang kita
kirim disadap orang lain. Maka dari itu bila surat elektronik yang kita kirim
mengandung isi yang sensitif sebaiknya kita melakukan tindakan pencegahan,
dengan mengacak (enkrip) data dalam
surat elektronik tersebut (contohnya menggunakan PGP, sertifikat digital, dan lain-lain)
Cara membaca
surat elektronik
Surat elektronik pada mulanya disimpan di dalam sebuah mailserver. Biasanya bila seseorang
memakai koneksi ISP untuk sambungan ke internet, ia akan
diberikan satu surat elektronik gratis. Surat elektronik yang diterima akan
disimpan di server surat elektronik ISP.
Ada dua cara untuk mengakses surat elektronik:
- Dengan cara menggunakan peramban web, seperti Mozilla Firefox. Metode ini disebut sebagai web-based, artinya kita menggunakan media web sebagai perantara ke kotak surat elektronik. Contoh: Yahoo! Mail dan Gmail. Untuk menggunakannya, pengguna haruslah dalam keadaan daring. Layanan surat elektronik berbasis web biasanya disediakan oleh penyelenggara layanan surel gratis.
- Menggunakan program pengakses surat elektronik (e-mail client), seperti: Eudora Mail, Outlook Express, Windows Mail, Mozilla Thunderbird, Mutt. Dengan menggunakan program seperti ini, seseorang harus mengetahui konfigurasi yang bisa didapat dari ISP. Keuntungannya adalah dapat membaca surat elektronik tanpa perlu terhubung secara terus-menerus dengan internet dan puluhan surat elektronik dapat diterima dan dikirimkan secara bersama-sama sekaligus. Kelebihan yang lainnya adalah perangkat lunak ini menyediakan fungsi-fungsi penyuntingan dan pembacaan surel secara luring. Dengan demikian biaya koneksi ke internet dapat dihemat.
Contoh gambar dari tampilan Login Email Cpanel:
3. Search Engine
3. Search Engine
Search engine atau
di-Indonesia-kan menjadi mesin pencari adalah sebuah sistem perangkat lunak (software)
yang di desain untuk melakukan pencarian data atau informasi di world wide
web (www). Hasil pencarian akan menampilkan serangkaian informasi yang
bersumber dari website/blog tertentu, hasil pencarian ini sering disebut Search
Engine Result Pages (SERPs). Selain halaman website, informasi yang
ditampilkan bisa berupa gambar, video, atau tipe file lainnya. Search
engine melakukan pendataan secara real time dengan bersandar pada
algoritma yang sudah teratur dalam web crawl. Inilah yang
membedakannya dengan web directories (direktori web) yang biasanya
melakukan pendataan manual oleh manusia (human editors).
Setelah memahami pengertian
search engine, kita perlu mengetahui apa sih manfaat search engine? Seluruh
pengguna internet pasti pernah menggunakan search engine. Barangkali
semua akan setuju bahwa hasil teknologi canggih yang satu ini sangat
bermanfaat, terutama dalam hal melakukan pencarian data atau informasi yang
kita butuhkan. Kita hanya perlu mengetikan kata kunci tertentu pada kolom
pencarian yang disediakan, dan mesin pencari akan bekerja dan menyajikan sumber
yang relevan dengan kata kunci tersebut. Dan itu hanya membutuhkan waktu sekian
detik. Tidak bisa dibayangkan jika teknologi ini tidak ada. Bagaimana caranya
kita menemukan informasi yang relevan diantara jutaan sumber yang tersedia?
Search engine ini berfungsi layaknya index buku yang biasanya berada di halaman
belakang. Ia menunjukkan lokasi kata atau istilah diantara jutaan kata lainnya
dalam buku tersebut.
Lalu bagaimana cara kerja
search engine sehingga ia bisa bekerja dengan sangat cepat dalam menemukan
lokasi kata kunci tertentu diantara jutaan halaman yang ada di internet?
Beranjak dari fakta bahwa search engine terpopuler saat ini adalah google, saya
memutuskan untuk mempelajari cara kerja raksasa mesin pencari tersebut daripada
harus mempelajari berbagai macam search engine yang ada. Sumber paling tepat untuk mendapatkan informasi tersebut
tentunya halaman bantuan google sendiri. Berikut ini informasi yang saya
temukan dari halaman bantuan google. Sebuah video yang menunjukkan bagaimana
mesin pencari google bekerja. Video ini dibawakan oleh Matt Cutts yang saat ini
merupakan kepala tim webspam google.
Berdasarkan penjelasan dari
sumber tersebut, google memiliki perangkat lunak atau software bernama
Web Crawlers. Seperti pada bahasan pengertian search engine yang
menjelaskan bahwa search engine adalah sebuah sistem software. Sesuai dengan
namanya, software ini bekerja untuk menemukan halaman web yang tersedia untuk
umum. Perlu diketahui bahwa tidak semua halaman website bisa ditemukan. Hal ini
menyangkut pengaturan webmaster sendiri, apakah halaman web tersebut mau
dipublikasikan atau tidak. Terkadang webmaster menginginkan halamannya
tersembunyi dengan suatu alasan sehingga itu akan mencegah web crawlers
menemukannya. Web Crawlers google ini dikenal juga dengan nama “Googlebot”. Seperti
layaknya kita melakukan browsing pada sebuah website atau blog, robot ini
memperhatikan halaman tersebut dan juga mengikuti setiap link yang ada di sana
untuk kemudian dibawa kembali ke server google.
4.
5. Chatting
Chatting adalah sebuah pembicaraan melalui
tulisan,yg terjadi secara tidak langsung,dengan menggunakan koneksi
internet,yang mana pesan itu dikirim sangat cepat,tanpa harus menunggu terlebih
dahulu!,pasti orang yang belum pernah mendengar ini bingung ya??,sebab kalau
dipikirkan pembicaraan itu kan dilakukan dengan menggunakan mulut ya,tapi kali
ini lewat pesan!,tapi memang itulah pengertiannya secara logika!!,mari kita
bahas
Chatting dapat dilakukan dengan berbagai aplikasi
komputer,contohnyanya adalah MIRC,dan Yahoo Messenger(YM)!,chatting juga dapat
dilakukan dengan menggunakan situs jejaring sosial seperti facebook,dsb. Chatting juga dapat
dilakukan lewat hp dengan aplikasi Mig33.
Menggunakan Facebook :
- Log in,jika belum mempunyai akun facebook maka harus membuat terlebih dahulu
- Setelah Log In cari yang bacaannya “Obrolan” dipojok kanan bawah pada tampilan monitor anda
- Pilih orang yang ingin anda ajak chatting
- Setelah dipilih anda sudah dapat melakukan Chatting
Menggunakan MiRC :
- Download aplikasinya
- Buka aplikasi MiRC dahulu
- Klik register In Line jika kita ingin mendaftar terlebih dahulu!
- Masukkan alamat email,nick name,dan password anda,dikotak dialog MiRC options!
- Di kotak daftar category, klik servers.Kita akan diminta memilih server chatting yang kita ingin gunakan. Pilihlah dalnet ; random server,kemudian connect to server!
- Setelah terhubung dengan server ,kemudian kotak dialog MiRC favourites akan ditampilkan!
- Masukkan nama channel name dan klik join!
- Pilih nama orang yang ada didaftar!
- Anda sudah dapat melakukan chatting
Menggunakan Mig33:
- Download aplikasinya
- Buka aplikasinya
- masukkan alamat email anda disana,atau jika tidak ada buat terlebih dahulu
- Setelah itu ada sms masuk yang berisi Kode
- kemudian masukkan kode itu keaplikasi tadi
- pilih kamar(tempat/komunitas) yang kita inginkan,pilih orang yang ada dikamar tersebut,andapun siap chatting!
Netiquette adalah istilah yang
menggambarkan etiket di Internet. Netiquette adalah kombinasi dari “jaringan” dan
“etiket.” Netiquette mencakup etiket dari semua jenis komunikasi internet
seperti email, papan pesan, forum dan pesan instan. Mengikuti aturan komunikasi
online bisa sama pentingnya sebagai berikut etiket ketika berbicara dengan
orang tatap muka.
Fungsi :
Netiquette berfungsi sebagai
seperangkat pedoman umum yang dapat membuat komunikasi internet yang berguna
dan sipil. Misalnya, mengirimkan puluhan surat berantai email ke teman mungkin
tampak seperti pengalihan menyenangkan, tetapi dapat menjadi jengkel ke orang
yang menerima mereka. Mengirim volume besar email impersonal atau pesan lain
kepada orang lain dikenal sebagai “spam” dan sering disukai. Ada aturan umum
tertentu, seperti mengirim “spam,” yang umumnya dianggap etiket buruk di
Internet, namun komunitas online tertentu mungkin memiliki budaya mereka
sendiri dan standar netiket.
Manfaat :
Netiquette dapat bermanfaat
dalam hal itu dapat mencegah orang dari mengirimkan komunikasi perlu yang dapat
membuang-buang waktu orang lain. Hal ini juga dapat mencegah orang dari posting
konten yang tidak patut atau jelek di Internet. Misalnya, teks ditulis dalam
huruf kapital bisa sulit untuk membaca dan mengetik dalam huruf kapital sering
dianggap “berteriak” dalam komunikasi online dan disukai di komunitas internet
banyak.
Fitur :
Fitur dari netiket dapat
bervariasi secara signifikan dari satu komunitas web yang lain tetapi ada
beberapa standar yang diterima secara umum di Internet. Lain kemudian menahan
diri dari penggunaan spam dan huruf kapital yang berlebihan, menahan diri dari
membuat komentar cabul atau diskriminatif juga merupakan aturan umum. Indiana
University merekomendasikan menulis online informasi dalam paragraf ringkas
dengan kapitalisasi yang tepat dan tanda baca dan menjadi bijaksana dengan
bahasa Anda, terutama di forum-forum publik dan ketika menulis komunikasi
kelompok, seperti email massal.
Identifikasi :
Bila pengguna baru untuk sebuah
komunitas web, seperti forum web baru, masyarakat mungkin telah menerima aturan
netiket bahwa pengguna tidak akrab dengan. Hal ini dapat membantu untuk
mengamati dan membaca komunikasi anggota lain dari komunitas web untuk
mengambil pada netiket diterima.
Pertimbangan :
Beberapa pengguna internet
keluar dari jalan mereka untuk mematahkan aturan yang telah ditetapkan netiket.
Orang-orang yang membuat pesan khusus untuk menghasut kemarahan, menyebabkan
diskusi gunanya atau orang lain kejut kadang-kadang menyebut “troll internet.”
Menanggapi orang-orang yang membuat pesan khusus untuk mendapatkan kenaikan
dari orang lain dikenal sebagai “memberi makan troll itu.” Penghinaan Online
dan pelanggaran lain dari netiket kadang-kadang disebut “menyala.” Kedua
“trolling” dan “menyala” dianggap netiket yang buruk.
7. Komunitas Online
Komunitas
online adalah sebuah komunitas yang terbentuk secara virtual (maya) di berbagai
layanan internet, misalnya forum online, mailing list, atau grup-grup tertentu.
Komunitas yang dimaksud merujuk pada sekumpulan anggota/user yang mempunyai
hobi atau ketertarikan yang sama terhadap sesuatu hal. Tujuannya yaitu untuk
saling berbagi cerita, informasi, atau pengalaman lain antar anggotanya tanpa
terikat oleh waktu dan tempat. Lain halnya dengan komunitas nyata yang berarti
kegiatan yang biasa dilakukan oleh kelompok tertentu untuk bertemu dan bertatap
muka secara langsung antar anggotanya.
Menurut
Ferguson et al., 2004, komunitas online adalah sebuah tempat dimana sekelompok
orang berkumpul untuk berbagi sence of community sebagaimana orang-orang yang
tidak saling mengenal memiliki kesamaan ketertarikan minat, didalam sebuah
situs internet yang menawarkan beberapa layanan onlinr, meliputi beberapa akses
kepada lingkungan sosial, layanan komunitas, informasi resmi, dan layanan
e-commerce kepada penghuninya.
Komunitas
maya diciptakan untuk saling berkomunikasi di antara para pengguna
internet dengan menggunakan teknologi yang mengguakan platform internet.
Walaupun begitu, saat internet populer di kalangan awam, yaitu sejak
munculnya http sebagai landasan website, masyarakat baru sekedar
menggunakan internet untuk mencari berita atau komunikasi melalui e- mail.
Namun segera setelah itu, komunitas maya yang terdiri dari pengguna awam juga
mulai terbentuk. Komunitas maya bisa berupa mailing list, newsgroup atau bulletin board.
Ditinjau
dari medianya., komunitas dibagi menjadi dua, yaitu komunitas offline dan
online.
Komunitas
offline adalah komunitas yang disatukan oleh kesamaan pekerjaan, hobi, atau
factor penyatu lainnya di mana media integrasi dan komunikasinya masih
menggunakan teknologi non-internet, seperti pertemuan fisik, telpon, surat
menyurat, dan sebagainya.
Komunitas
online/ virtual merupakan komunitas yang disatukan oleh kesamaan pekerjaan,
hobi atau factor penyatu lainnya, dimana media intergrasi dan komunikasinya
sudah menggunakan internet. Biasanya, cakupan komunitas online ini lebih luas
dan global hingga ke seluruh dunia.
Berikut adalah panduan bagaimana membuat komunitas
online:
- Sebagai motivasi untuk berbagai informasi, percayalah dengan input dari member. Buat suasana yang nyaman dimana user bias bebas mencurahkan pemikirannya ke anggota lain.
- Buat agar komunitas mampu berubah sesuai dengan peruahan proses dan konsep yang mungkin berlaku ditengah jalan sebagai motivasi untuk berbagai informasi
- Untuk membangun reputasi, dan perasaan bagian dari komunitas adalah dengan membuat system yang memungkinkan anggotanya untuk dikenali dan diberikan penghargaan sesuai kontribusinya.
Manfaat komunitas online.
Komunitas online bisa jadi solusi paling handal yang sangat menolong jika diikuti. Banyak orang merasakan manfaat dari komunitas online di Indonesia.
Komunitas online bisa jadi solusi paling handal yang sangat menolong jika diikuti. Banyak orang merasakan manfaat dari komunitas online di Indonesia.
Solusi
forum komunitas online adalah hal yang saya anjurkan karena selain bisa
menjalin silaturahmi kita juga bisa saling share dan tentunya saling menolong
ketika menemukan masalah ketika online.
Di
Indonesia banyak orang memiliki website dan blog namun karena tidak mengikuti
sebuah forum atau komunitas, website dan blog mereka jadi asal-asalan.
Melalui
komunitas online lah kita bisa saling tukar ilmu untuk kebaikan semua. Website
dan blog kita bagus di Indonesia dan bagus di mata dunia.
Solusi online ini haruslah anda ikuti karena dapat membantu anda dalam jika anda memiliki masalah. Ingat, masalah itu tidak akan selesai jika hanya anda diamkan. Oleh karena itu solusi paling tepat ya ikutilah satu forum atau komunitas yang bisa membantu anda ketika sedang online, khususnya orang Indonesia.
Solusi online ini haruslah anda ikuti karena dapat membantu anda dalam jika anda memiliki masalah. Ingat, masalah itu tidak akan selesai jika hanya anda diamkan. Oleh karena itu solusi paling tepat ya ikutilah satu forum atau komunitas yang bisa membantu anda ketika sedang online, khususnya orang Indonesia.
Komunitas
online itu bisa anda dapatkan dan anda cari dengan mudah kali ini, coba saja
anda lihat kembali komunitas online yang ada di Indonesia seperti solusiforum.com
Beberapa contoh komunitas online,
yaitu :
Facebook merupakan suatu jejaring
sosial yang diluncurkan pada bulan Februari 2004 oleh Facebook, Inc. Di dalam
facebook para pengguna dapat membuat profil pribadi, menambahkan pengguna lain
sebagai teman, dan bertukar pesan, termasuk pemberitahuan otomatis ketika
mereka memperbarui profilnya. Selain itu, pengguna dapat bergabung dengan grup
pengguna dengan ketertarikan dan kesamaannya.
Twitter merupakan suatu jejaring
sosial yang dimiliki dan dioperasikan oleh Twitter Inc., pada tahun 2006. Para
penggunanya dapat mengirim dan membaca pesan yang disebut kicauan (tweets) dalam bentuk teks tulisan
hingga 140 karakter yang ditampilkan pada halaman profil pengguna. Kicauan bisa
dilihat secara luar, namun pengirim dapat membatasi pengiriman pesan ke daftar
teman-teman mereka saja. Pengguna dapat melihat kicauan penulis lain yang
dikenal dengan sebutan pengikut ("follower").
- Kaskus
Sumber :
http://id.wikipedia.org/wiki/Surat_elektronik
http://www.g-excess.com/pengertian-dan-definisi-dari-email-e-mail-adalah.html
http://www.titoyulianto.com/pengertian-search-engine-manfaat-cara-kerja/
http://id.wikipedia.org/wiki/Tim#Tim_virtual
http://www.wattpad.com/912797-pko-fondasi-kelompok-dan-kerja-tim?p=9
http://prokimal-online.blogspot.com/2011/12/team-kerja-virtual-dan-dunia-kerja-masa.html
http://ellopedia.blogspot.com/2010/09/kelompok-kerja.html
http://hadipurnama.wordpress.com/2010/01/03/apa-itu-chatting/
0 komentar: