#pinternet


1.      World Wide Web (WWW)
World wide web biasa lebih terkenal disingkat sebagai WWW adalah suatu ruang informasi yang dipakai oleh pengenal global yang disebut Pengidentifikasi Sumber Seragam untuk mengenal pasti sumber daya berguna. WWW sering dianggap sama dengan internet secara keseluruhan, walaupun sebenarnya ia hanyalah bagian daripada internet. WWW merupakan kumpulan peladen web dari seluruh dunia yang mempunyai kegunaan untuk menyediakan data dan informasi untuk dapat digunakan bersama. WWW adalah bagian yang paling menarik dari internet. Melalui web, para pengguna dapat mengakses informasi-informasi yang tidak hanya berupa teks tetapi bisa juga berupa gambar, suara, video dan animasi. Kegunaan ini tergolong masih baru dibandingkan surat elektronik, sebenarnya WWW merupakan kumpulan dokumen yang tersimpan di peladen web, dan yang peladennya tersebar di lima benua termasuk Indonesia yang terhubung menjadi satu melalui jaringan internet. Dokumen-dokumen informasi ini disimpan atau dibuat dengan format HTML.
Suatu halaman dokumen informasi dapat terdiri atas teks yang saling terkait dengan teks lainnya atau bahkan dengan dokumen lain. Keterkaitan halaman lewat teks ini disebut pranala. Dokumen informasi ini tidak hanya terdiri dari teks tetapi dapat juga berupa gambar, mengandung suara bahkan klip ideo. Kaitan antar dokumen yang seperti itu biasa disebut hypermedia.
Jadi, dapat disimpulkan bahwa WWW adalah sekelompok dokumen multimedia yang saling bertautan dengan menggunakan tautan hiperteks. Dengan mengklik pranala, maka para pengguna bisa berpindah dari satu dokumen ke dokumen lainnya.

2. Email
 Surat elektronik (akronim: ratel, ratron, surel, atau surat-e) atau pos elektronik (akronim: pos-el.) atau imel (bahasa inggris: email) adalah sarana kirim mengirim surat melalui jalur jaringan komputer (misalnya internet).
Kode at sign, sebuah bagian dari setiap SMTP kotak surel.
Lima langkah dalam proses pengiriman e-mail
Dengan surat biasa umumnya pengirim perlu membayar per pengiriman (dengan membeli perangko), tetapi surat elektronik umumnya biaya yang dikeluarkan adalah biaya untuk membayar sambungan Internet. Tapi ada perkecualian misalnya surat elektronik ke telepon genggam, kadang pembayarannya ditagih per pengiriman.
Anatomi Ratel, sebagai contoh:
USERNAME@EXAMPLE.COM
Keterangan:
·                     emailsaya: nama kotak surat (mailbox) atau nama pengguna (username) yang
ingin dituju dalam mailserver
·                     surabaya.vibriel.net.id: nama mailserver tempat pengguna yang dituju, rinciannya:
·                     surabaya: subdomain (milik pemegang nama domain), biasanya merujuk ke suatu
komputer dalam lingkungan pemilik domain
·                     vibriel: nama domain, biasanya menunjukkan nama
perusahaan/organisasi/perorangan (Vibriel)
·                     net: second level domain, menunjukkan bahwa domain ini termasuk kategori
networking (net)
·                     id: top level domain, menunjukkan bahwa domain ini terdaftar di otoritas domain
Indonesia (id)
Metode pengiriman
Untuk mengirim surat elektronik kita memerlukan suatu program mail-client. Surat elektronik yang kita kirim akan melalui beberapa poin sebelum sampai di tujuan. Mulai dari surat elektronik dikirim → Internet → POP3 server penyedia e-mail penerima → e-mail client (di komputer si penerima) → surat elektronik dibaca si penerima
Terlihat surat elektronik yang terkirim hanya melalui 5 poin (selain komputer pengirim dan penerima). Sebenarnya lebih dari itu sebab setelah surat elektronik meninggalkan POP3 Server maka itu akan melalui banyak server-server lainnya. Tidak tertutup kemungkinan surat elektronik yang kita kirim disadap orang lain. Maka dari itu bila surat elektronik yang kita kirim mengandung isi yang sensitif sebaiknya kita melakukan tindakan pencegahan, dengan mengacak (enkrip) data dalam surat elektronik tersebut (contohnya menggunakan PGP, sertifikat digital, dan lain-lain)
Cara membaca surat elektronik
Surat elektronik pada mulanya disimpan di dalam sebuah mailserver. Biasanya bila seseorang memakai koneksi ISP untuk sambungan ke internet, ia akan diberikan satu surat elektronik gratis. Surat elektronik yang diterima akan disimpan di server surat elektronik ISP.
Ada dua cara untuk mengakses surat elektronik:
  • Dengan cara menggunakan peramban web, seperti Mozilla Firefox. Metode ini disebut sebagai web-based, artinya kita menggunakan media web sebagai perantara ke kotak surat elektronik. Contoh: Yahoo! Mail dan Gmail. Untuk menggunakannya, pengguna haruslah dalam keadaan daring. Layanan surat elektronik berbasis web biasanya disediakan oleh penyelenggara layanan surel gratis.
  • Menggunakan program pengakses surat elektronik (e-mail client), seperti: Eudora Mail, Outlook Express, Windows Mail, Mozilla Thunderbird, Mutt. Dengan menggunakan program seperti ini, seseorang harus mengetahui konfigurasi yang bisa didapat dari ISP. Keuntungannya adalah dapat membaca surat elektronik tanpa perlu terhubung secara terus-menerus dengan internet dan puluhan surat elektronik dapat diterima dan dikirimkan secara bersama-sama sekaligus. Kelebihan yang lainnya adalah perangkat lunak ini menyediakan fungsi-fungsi penyuntingan dan pembacaan surel secara luring. Dengan demikian biaya koneksi ke internet dapat dihemat.
Contoh gambar dari tampilan Login Email Cpanel:  
 3. Search Engine
Search engine atau di-Indonesia-kan menjadi mesin pencari adalah sebuah sistem perangkat lunak (software) yang di desain untuk melakukan pencarian data atau informasi di world wide web (www). Hasil pencarian akan menampilkan serangkaian informasi yang bersumber dari website/blog tertentu, hasil pencarian ini sering disebut Search Engine Result Pages (SERPs).  Selain halaman website, informasi yang ditampilkan bisa berupa gambar, video, atau tipe file lainnya. Search engine melakukan pendataan secara real time dengan bersandar pada algoritma yang sudah teratur dalam web crawl. Inilah yang membedakannya dengan web directories (direktori web) yang biasanya melakukan pendataan manual oleh manusia (human editors).
Manfaat Search Engine
Setelah memahami pengertian search engine, kita perlu mengetahui apa sih manfaat search engine? Seluruh pengguna internet pasti pernah menggunakan search engine. Barangkali semua akan setuju bahwa hasil teknologi canggih yang satu ini sangat bermanfaat, terutama dalam hal melakukan pencarian data atau informasi yang kita butuhkan. Kita hanya perlu mengetikan kata kunci tertentu pada kolom pencarian yang disediakan, dan mesin pencari akan bekerja dan menyajikan sumber yang relevan dengan kata kunci tersebut. Dan itu hanya membutuhkan waktu sekian detik. Tidak bisa dibayangkan jika teknologi ini tidak ada. Bagaimana caranya kita menemukan informasi yang relevan diantara jutaan sumber yang tersedia? Search engine ini berfungsi layaknya index buku yang biasanya berada di halaman belakang. Ia menunjukkan lokasi kata atau istilah diantara jutaan kata lainnya dalam buku tersebut.
Cara Kerja Search engine
Lalu bagaimana cara kerja search engine sehingga ia bisa bekerja dengan sangat cepat dalam menemukan lokasi kata kunci tertentu diantara jutaan halaman yang ada di internet? Beranjak dari fakta bahwa search engine terpopuler saat ini adalah google, saya memutuskan untuk mempelajari cara kerja raksasa mesin pencari tersebut daripada harus mempelajari berbagai macam search engine yang ada. Sumber paling tepat untuk mendapatkan informasi tersebut tentunya halaman bantuan google sendiri. Berikut ini informasi yang saya temukan dari halaman bantuan google. Sebuah video yang menunjukkan bagaimana mesin pencari google bekerja. Video ini dibawakan oleh Matt Cutts yang saat ini merupakan kepala tim webspam google. 
Berdasarkan penjelasan dari sumber tersebut, google memiliki perangkat lunak atau software bernama Web Crawlers. Seperti pada bahasan pengertian search engine yang menjelaskan bahwa search engine adalah sebuah sistem software. Sesuai dengan namanya, software ini bekerja untuk menemukan halaman web yang tersedia untuk umum. Perlu diketahui bahwa tidak semua halaman website bisa ditemukan. Hal ini menyangkut pengaturan webmaster sendiri, apakah halaman web tersebut mau dipublikasikan atau tidak. Terkadang webmaster menginginkan halamannya tersembunyi dengan suatu alasan sehingga itu akan mencegah web crawlers menemukannya. Web Crawlers google ini dikenal juga dengan nama “Googlebot”. Seperti layaknya kita melakukan browsing pada sebuah website atau blog, robot ini memperhatikan halaman tersebut dan juga mengikuti setiap link yang ada di sana untuk kemudian dibawa kembali ke server google.
 4. 
5. Chatting
Chatting adalah sebuah pembicaraan melalui tulisan,yg terjadi secara tidak langsung,dengan menggunakan koneksi internet,yang mana pesan itu dikirim sangat cepat,tanpa harus menunggu terlebih dahulu!,pasti orang yang belum pernah mendengar ini bingung ya??,sebab kalau dipikirkan pembicaraan itu kan dilakukan dengan menggunakan mulut ya,tapi kali ini lewat pesan!,tapi memang itulah pengertiannya secara logika!!,mari kita bahas
Chatting dapat dilakukan dengan berbagai aplikasi komputer,contohnyanya adalah MIRC,dan Yahoo Messenger(YM)!,chatting juga dapat dilakukan dengan menggunakan situs jejaring sosial seperti facebook,dsb. Chatting juga dapat dilakukan lewat hp dengan aplikasi Mig33.
Menggunakan Facebook :
  1. Log in,jika belum mempunyai akun facebook maka harus membuat terlebih dahulu
  2. Setelah Log In cari yang bacaannya “Obrolan” dipojok kanan bawah pada tampilan monitor anda
  3. Pilih orang yang ingin anda ajak chatting
  4. Setelah dipilih anda sudah dapat melakukan Chatting
Menggunakan MiRC :
  1. Download aplikasinya
  2. Buka aplikasi MiRC dahulu
  3. Klik register In Line jika kita ingin mendaftar terlebih dahulu!
  4. Masukkan alamat email,nick name,dan password anda,dikotak dialog MiRC options!
  5. Di kotak daftar category, klik servers.Kita akan diminta memilih server chatting yang kita ingin gunakan. Pilihlah dalnet ; random server,kemudian connect to server!
  6. Setelah terhubung dengan server ,kemudian kotak dialog MiRC favourites akan ditampilkan!
  7. Masukkan nama channel name dan klik join!
  8. Pilih nama orang yang ada didaftar!
  9. Anda sudah dapat melakukan chatting
Menggunakan Mig33:
  1. Download aplikasinya
  2. Buka aplikasinya
  3. masukkan alamat email anda disana,atau jika tidak ada buat terlebih dahulu
  4. Setelah itu ada sms masuk yang berisi Kode
  5. kemudian masukkan kode itu keaplikasi tadi
  6. pilih kamar(tempat/komunitas) yang kita inginkan,pilih orang yang ada dikamar tersebut,andapun siap chatting!    
6. Netiquette
Netiquette adalah istilah yang menggambarkan etiket di Internet. Netiquette adalah kombinasi dari “jaringan” dan “etiket.” Netiquette mencakup etiket dari semua jenis komunikasi internet seperti email, papan pesan, forum dan pesan instan. Mengikuti aturan komunikasi online bisa sama pentingnya sebagai berikut etiket ketika berbicara dengan orang tatap muka.

Fungsi :

Netiquette berfungsi sebagai seperangkat pedoman umum yang dapat membuat komunikasi internet yang berguna dan sipil. Misalnya, mengirimkan puluhan surat berantai email ke teman mungkin tampak seperti pengalihan menyenangkan, tetapi dapat menjadi jengkel ke orang yang menerima mereka. Mengirim volume besar email impersonal atau pesan lain kepada orang lain dikenal sebagai “spam” dan sering disukai. Ada aturan umum tertentu, seperti mengirim “spam,” yang umumnya dianggap etiket buruk di Internet, namun komunitas online tertentu mungkin memiliki budaya mereka sendiri dan standar netiket.

Manfaat :

Netiquette dapat bermanfaat dalam hal itu dapat mencegah orang dari mengirimkan komunikasi perlu yang dapat membuang-buang waktu orang lain. Hal ini juga dapat mencegah orang dari posting konten yang tidak patut atau jelek di Internet. Misalnya, teks ditulis dalam huruf kapital bisa sulit untuk membaca dan mengetik dalam huruf kapital sering dianggap “berteriak” dalam komunikasi online dan disukai di komunitas internet banyak.

Fitur :

Fitur dari netiket dapat bervariasi secara signifikan dari satu komunitas web yang lain tetapi ada beberapa standar yang diterima secara umum di Internet. Lain kemudian menahan diri dari penggunaan spam dan huruf kapital yang berlebihan, menahan diri dari membuat komentar cabul atau diskriminatif juga merupakan aturan umum. Indiana University merekomendasikan menulis online informasi dalam paragraf ringkas dengan kapitalisasi yang tepat dan tanda baca dan menjadi bijaksana dengan bahasa Anda, terutama di forum-forum publik dan ketika menulis komunikasi kelompok, seperti email massal.

Identifikasi :

Bila pengguna baru untuk sebuah komunitas web, seperti forum web baru, masyarakat mungkin telah menerima aturan netiket bahwa pengguna tidak akrab dengan. Hal ini dapat membantu untuk mengamati dan membaca komunikasi anggota lain dari komunitas web untuk mengambil pada netiket diterima.

Pertimbangan :

Beberapa pengguna internet keluar dari jalan mereka untuk mematahkan aturan yang telah ditetapkan netiket. Orang-orang yang membuat pesan khusus untuk menghasut kemarahan, menyebabkan diskusi gunanya atau orang lain kejut kadang-kadang menyebut “troll internet.” Menanggapi orang-orang yang membuat pesan khusus untuk mendapatkan kenaikan dari orang lain dikenal sebagai “memberi makan troll itu.” Penghinaan Online dan pelanggaran lain dari netiket kadang-kadang disebut “menyala.” Kedua “trolling” dan “menyala” dianggap netiket yang buruk.

7. Komunitas Online
Komunitas online adalah sebuah komunitas yang terbentuk secara virtual (maya) di berbagai layanan internet, misalnya forum online, mailing list, atau grup-grup tertentu. Komunitas yang dimaksud merujuk pada sekumpulan anggota/user yang mempunyai hobi atau ketertarikan yang sama terhadap sesuatu hal. Tujuannya yaitu untuk saling berbagi cerita, informasi, atau pengalaman lain antar anggotanya tanpa terikat oleh waktu dan tempat. Lain halnya dengan komunitas nyata yang berarti kegiatan yang biasa dilakukan oleh kelompok tertentu untuk bertemu dan bertatap muka secara langsung antar anggotanya.
Menurut Ferguson et al., 2004, komunitas online adalah sebuah tempat dimana sekelompok orang berkumpul untuk berbagi sence of community sebagaimana orang-orang yang tidak saling mengenal memiliki kesamaan ketertarikan minat, didalam sebuah situs internet yang menawarkan beberapa layanan onlinr, meliputi beberapa akses kepada lingkungan sosial, layanan komunitas, informasi resmi, dan layanan e-commerce kepada penghuninya.
Komunitas maya diciptakan untuk saling berkomunikasi di antara para pengguna internet dengan menggunakan teknologi yang mengguakan platform internet. Walaupun begitu, saat internet populer di kalangan awam, yaitu sejak munculnya http sebagai landasan website, masyarakat baru sekedar menggunakan internet untuk mencari berita atau komunikasi melalui e- mail. Namun segera setelah itu, komunitas maya yang terdiri dari pengguna awam juga mulai terbentuk. Komunitas maya bisa berupa mailing list, newsgroup atau bulletin board.
Ditinjau dari medianya., komunitas dibagi menjadi dua, yaitu komunitas offline dan online.
Komunitas offline adalah komunitas yang disatukan oleh kesamaan pekerjaan, hobi, atau factor penyatu lainnya di mana media integrasi dan komunikasinya masih menggunakan teknologi non-internet, seperti pertemuan fisik, telpon, surat menyurat, dan sebagainya.
Komunitas online/ virtual merupakan komunitas yang disatukan oleh kesamaan pekerjaan, hobi atau factor penyatu lainnya, dimana media intergrasi dan komunikasinya sudah menggunakan internet. Biasanya, cakupan komunitas online ini lebih luas dan global hingga ke seluruh dunia.
Berikut adalah panduan bagaimana membuat komunitas online:
  1. Sebagai motivasi untuk berbagai informasi, percayalah dengan input dari member. Buat suasana yang nyaman dimana user bias bebas mencurahkan pemikirannya ke anggota lain.
  2. Buat agar komunitas mampu berubah sesuai dengan peruahan proses dan konsep yang mungkin berlaku ditengah jalan sebagai motivasi untuk berbagai informasi
  3. Untuk membangun reputasi, dan perasaan bagian dari komunitas adalah dengan membuat system yang memungkinkan anggotanya untuk dikenali dan diberikan penghargaan sesuai kontribusinya.
Manfaat komunitas online.
Komunitas online bisa jadi solusi paling handal yang sangat menolong jika diikuti. Banyak orang merasakan manfaat dari komunitas online di Indonesia.
Solusi forum komunitas online adalah hal yang saya anjurkan karena selain bisa menjalin silaturahmi kita juga bisa saling share dan tentunya saling menolong ketika menemukan masalah ketika online.
Di Indonesia banyak orang memiliki website dan blog namun karena tidak mengikuti sebuah forum atau komunitas, website dan blog mereka jadi asal-asalan.
Melalui komunitas online lah kita bisa saling tukar ilmu untuk kebaikan semua. Website dan blog kita bagus di Indonesia dan bagus di mata dunia.
Solusi online ini haruslah anda ikuti karena dapat membantu anda dalam jika anda memiliki masalah. Ingat, masalah itu tidak akan selesai jika hanya anda diamkan. Oleh karena itu solusi paling tepat ya ikutilah satu forum atau komunitas yang bisa membantu anda ketika sedang online, khususnya orang Indonesia.
Komunitas online itu bisa anda dapatkan dan anda cari dengan mudah kali ini, coba saja anda lihat kembali komunitas online yang ada di Indonesia seperti solusiforum.com
Beberapa contoh komunitas online, yaitu :
  • Facebook
Facebook merupakan suatu jejaring sosial yang diluncurkan pada bulan Februari 2004 oleh Facebook, Inc. Di dalam facebook para pengguna dapat membuat profil pribadi, menambahkan pengguna lain sebagai teman, dan bertukar pesan, termasuk pemberitahuan otomatis ketika mereka memperbarui profilnya. Selain itu, pengguna dapat bergabung dengan grup pengguna dengan ketertarikan dan kesamaannya.
  • Twitter
Twitter merupakan suatu jejaring sosial yang dimiliki dan dioperasikan oleh Twitter Inc., pada tahun 2006. Para penggunanya dapat mengirim dan membaca pesan yang disebut kicauan (tweets) dalam bentuk teks tulisan hingga 140 karakter yang ditampilkan pada halaman profil pengguna. Kicauan bisa dilihat secara luar, namun pengirim dapat membatasi pengiriman pesan ke daftar teman-teman mereka saja. Pengguna dapat melihat kicauan penulis lain yang dikenal dengan sebutan pengikut ("follower").
  •  Kaskus 
Kaskus yang merupakan singkatan dari Kasak Kusuk, merupakan situs forum komunitas maya terbesar dan nomor 1 Indonesia. Kaskus lahir pada tanggal 6 November 1999, dan dikelola oleh PT Darta Media Indonesia. Kaskus memiliki lebih dari 4,5 juta pengguna (disebut dengan Kaskuser) terdaftar, yang umumnya berasal dari kalangan remaja hingga orang dewasa yang berdomisili di Indonesia maupun di luar Indonesia. Di dalam kaskus terdapat beberapa forum yang dibagi berdasarkan kegunaannya masing masing, seperti LOE-KE-LOE, FORUM JUAL BELI, dan lain sebagainya.



 Sumber :
 
http://id.wikipedia.org/wiki/Surat_elektronik
http://www.g-excess.com/pengertian-dan-definisi-dari-email-e-mail-adalah.html
http://www.titoyulianto.com/pengertian-search-engine-manfaat-cara-kerja/
http://id.wikipedia.org/wiki/Tim#Tim_virtual
http://www.wattpad.com/912797-pko-fondasi-kelompok-dan-kerja-tim?p=9
http://prokimal-online.blogspot.com/2011/12/team-kerja-virtual-dan-dunia-kerja-masa.html
http://ellopedia.blogspot.com/2010/09/kelompok-kerja.html
http://hadipurnama.wordpress.com/2010/01/03/apa-itu-chatting/

0 komentar: